Sewa Genset di Jogja

Dampak Virus Corona Dan Perekonomian Global

Dampak Virus Corona Dan Perekonomian Global

Dampak virus corona dan perekonomian global semakin hari kian terasa. Sebagai dampak dari virus corona ini juga ikut dirasakan di sektor pariwisata yang berada di Bali. Dimana sebanyak 40 ribu pesanan kamar hotel dibatalkan dan 20 ribu wisatawan mancanegara batal terbang.

Hal ini dapat kita lihat dari kebijakan pemerintah yang memberikan diskon tiket pesawat 50% untuk 10 destinasi wisata pilihan.

Kebijakan ini bukan tanpa sebab dikeluarkan oleh pemerintah untuk memberikan insetif ke sektor pariwisata yang terimbas geger wabah virus corona. Diskon ini berlaku selama tiga bulan, mulai Maret hingga Mei 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa penyebaran Virus Corona memberikan dampak ekonomi yang lebih besar dibandingkan dengan ketegangan perdagangan global.

Hal ini disebabkan karena dampak virus corona telah menghantam berbagai lini ekonomi. Seperti diungkapkan Sri Mulyani Indrawati dalan akun Facebooknya (23/2/2020). “Pertumbuhan ekonomi global yang diperkirakan mengalami peningkatan karena perbaikkan keuangan global dan berkurangnya ketegangan perdagangan, dibayangi oleh risiko ketegangan politik, ketidanpastian dan Covid-19 (Virus Corona)” tulis dia.

Semakin meluasnya wabah virus corona Kementrian Luar Negeri Arab Saudi juga menangguhkan izin visa untuk tujuan umrah dan wisata.kebijakan ini dikeluarkan juga bukan tanpa sebab, melainkan karena Arab Saudi tengah mempersiapkan perangkat untuk screening terhadap setiap orang yang masuk ke negara tersebut.

Dikutip dalam laman kompas.com (28/02/2020), sebanyak 54 Negara telah dikonfirmasi terkena virus corona. Namun sejauh ini China menjadi negara dengan jumlah kasusu terbanyak yaitu 79.394 kasus dan 2.838 orang diantaranya meninggal dunia.

Berikut ini tips agar tidak tertular virus corona          :

1. Mencuci tangan dengan benar

Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik. Dan pastikan seluruh bagian tangan anda tercuci bersih. Jika sulit menemukan air dan sabun, anda dapat membersihkan tangan dengan hand sanitizer dengan kandungan alcohol 60%.

2. Menggunakan masker saat beraktivitas

Tipe masker untuk mencegah penularan virus corona adalah masker bedah dan masker N95. Masker N95 ini dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Oleh karena di Indonesia juga sedang musim hujan dimana tubuh kita juga rawan sakit, maka konsumsilah makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan dan makanan berprotein.

4. Tidak pergi ke negara terjangkit

Agar tidak tertular virus ini, sebaiknya anda jangan berpergian dulu ke tempat – tempat yang sudah memiliki kasus virus corona.

5. Tidak mengkonsumsi hewan yang berpotensi menularkan virus corona

Virus corona diduga berasal dari hewan – hewan tertentu, seperti kelelawar, unta dan kucing. Oleh sebab itu hindarilah mengkonsumsi daging dari hewan – hewan tersebut.

Sekian informasi tentang Dampak virus corona dan perekonomian global, semoga bermanfaat 🙂

Penulis berharap wabah virus corona segera dapat tertangani. Dan banyak saudara kita yang sudah terjangkit mampu sembuh sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Powered by